Review Toyota Alphard

Toyota Alphard
Review Toyota Alphard

Wuihhh…. Itulah kata pertama yang muncul dari mulut saya ketika menyaksikan tampilan Toyota All New Alphard ketika diperkenalkan di Jakarta, Jumat (27/3) lalu. Sebenarnya, wajah Alphard baru ini sudah beredar banyak lewat foto-foto di internet. Alphard bahkan sudah mejeng duluan di Bangkok International Motor Show 2015 awal pekan lalu. Toh, ketika melihat langsung untuk pertama tampilan baru Alphard tetap saja mengejutkan.
Oke, sebelum membahas lebih detail, PT Toyota Astra Motor kali ini membawa dua model All New Alphard dan All New Vellfire. Sebelumnya Toyota hanya membawa tipe Alphard. Jadi, kini Toyota memiliki empat tipe yaitu Alphard 2.5X, 2.5G, dan 3.5Q. Adapun Vellfire hanya ditawarkan dalam satu pilihan yaitu 2.5G.

Dibandingkan model sebelumnya, sejumlah perubahan mendasar dilakukan untuk All New Alphard dan All New Vellfire yaitu pada sistem suspensi dan mesin baru, dimensi yang lebih luas, interior yang lebih lengkap, serta sejumlah peralatan navigasi. Dengan dimensi yang lebih luas, dan disain inovatif tampilan All New Alphard dan All New Vellfire tidak hanya menjadi lebih mewah, namun juga memberikan kesan kemewahan dan penuh keberanian.
Kenichi Yoshioka, Chief Engineer of Alphard and Vellfire, mengatakan konsep perubahan Alphard ini ia sebut sebagai Grandeluxe. “Konsep ini merepresentasikan kualitas kemewahan bukan sekedar menampilkan kesan mewah,” kata Yoshioka.

Orang boleh punya beragam tanggapan dengan penjelasan Yoshioka. Sebagai Chief Engineer, pria ramah ini jelas mempromosikan produknya. Tapi bukan tanpa alasan Yoshioka mengatakan jika Alphard dan Vellfire generasi ketiga ini digarap rada serius. Ketika pertama kali melihat wajah kedua mobil ini, kita langsung melihat perbedaan karena memang jauh berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk Alphard, perubahan besar langsung terlihat di bagian depan. Grille Alphard baru sangat dominan lewat grille berukuran besar yang seolah menghabiskan “hidung” depan kap-nya. Grille dibuat dari bagian atas hingga bawah, menyatu dengan bumper. Selain itu, bentuknya kini vertikal tidak lagi horizontal seperti model terdahulu.
“Hanya dengan melihat tampilan depannya, orang akan tahu kalau ini Alphard baru,” kata Widyawati Soedigdo, GM Corporate Planning & Public Relation, GM Customer Service, Toyota Astra Motor.
Lampu utama, headlamp, besar mendampingi grille baru Alphard. Di bagian samping kiri kanan bumper, ada foglamp atau lampu kabut berbentuk bulat.
Bergeser ke bagian belakang, lampu dibuat bertingkat dan menembus memanjang hingga bodi bagian samping. Istilahnya, membentuk U-shape.
Lain pula dengan Vellfire. Model ini tetap mempertahankan grille tiga tingkat dengan konsep horizontal. Grille dibuat seolah menyatu dengan lampu utama yang “sipit”. Bagian belakang juga berbeda. Lampu belakang Vellfire lebih lurus dengan konsep C-shape. “Tampilan ini memberikan kesan dynamic dan powerful,” kata Yoshioka.
Penampilan Alphard dan Vellfire makin oke, dengan bekal velg alloy desain anyar berukuran 18 inci.
Rahmat Samulo, Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor mengatakan perbedaan tampilan ini lantaran konsumen yang disasar juga berbeda. “All New Alphard hadir dengan desain yang memperlihatkan karakter yang kuat atas nilai kemewahan dan kemegahan, sedangkan All New Vellfire mengekspresikan desain yang stylish,” kata Rahmat Samulo.

Author Description

wijayatrans